Pengikut

About Us

Foto saya
yang memiliki blog ini adalah Haifa Madina, Padlia Miftahul Jannah dan Dhimas Mahardhika
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kota Kupang

Kota Kupang

—  Nusa Tenggara Nuvola single chevron right.svg Nusa Tenggara Timur  —
Lambang Kota Kupang
Lambang
Lokasi Kota Kupang di Pulau Nusa Tenggara
Kota Kupang terletak di Indonesia
Kota Kupang
Lokasi Kota Kupang di Pulau Nusa Tenggara
Koordinat: 10°11′S 123°35′E
Negara  Indonesia
Ibu kota Kota Kupang
Pemerintahan
 - Walikota Drs. Daniel Adoe
 - DAU Rp. 377.792.563.000,- (2011)[1]
Luas
 - Total 180,27 km2
Populasi (2010)
 - Total 450.000
 Kepadatan 2.496/km²
Zona waktu WITA (UTC+8)
Kode telepon +62 380
SNI 7657:2010 KPG
Kecamatan 6
Desa/kelurahan 45 / 4

Kediaman residen di Kupang (1870-1910)
Kota Kupang adalah ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayah adalah 180,27 km² dengan jumlah penduduk sekitar 450.000 jiwa (2010). Daerah ini terbagi menjadi 6 kecamatan dan 45 desa.

Daftar Kecamatan

Saat ini Kota Kupang dibagi menjadi 5 wilayah kecamatan, yaitu:
  1. Alak (11 kelurahan)
  2. Kelapa Lima (5 kelurahan)
  3. Kota Raja
  4. (kota Lama,10 Kelurahan)
  5. Maulafa (9 kelurahan)
  6. Oebobo (14 kelurahan)

Bandara

Radio

Stasiun radio Swasta yang beroperasi di Kota Kupang antara lain:
  • RADIO MADIKA 91.7 FM "THE TOP RADIO STATION" (JL. SK. LERIK NO.16 WALIKOTA)
  • RADIO TIRILOLOG SUARA FERBUM 101.1 FM
  • RADIO SWARA TIMOR 90.1 FM YOUR LOVELY FAMILY STATION
  • RADIO DMWS FM 103.5 MHz
  • RHAMAGONG RADIO 96,8 MHz
  • KISORRA FM 105,1 MHz
  • AFB TV CHANEL 40 UHF & RADIO 95.2 Mhz
  • RADIO KAISAREA VOICE 97,6 MHz
  • RADIO LIZBETH 98.4 FM
  • RADIO SWARA KUPANG 96.0 FM
  • RADIO SUARA KASIH 89.3 FM
  • RADIO SAHABAT (Kab. Kupang)
Stasiun radio RRI Pro1 90.9 FM dan RRI Pro2 94.4 FM

Televisi

Stasiun televisi yang beroperasi di Kota Kupang antara lain:

Transportasi

Udara

Kota Kupang melalui bandar udaranya, Bandara El Tari terhubung dengan beberapa kota besar lain di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Mataram dan Makassar. Selain itu bandara ini juga mempunyai penerbangan langsung dari dan ke luar negeri, yaitu ke Australia dan Timor Leste. Dari Kupang juga dapat dilayani penerbangan perintis ke berbagai ibukota kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Laut

Pelabuhan Kupang di tahun 1912
Pelabuhan Kupang dapat melayani kapal-kapal barang maupun penumpang. Dahulu melalui dermaga ini sering melayani kapal penumpang menuju Pante Makasar, Ruteng, Baa, Dili, Kalabahi dan lain-lain.

Darat

Sistem transportasi darat Kota Kupang dilayani oleh minibus angkutan kota yang biasa disebut oplet, taksi dan beberapa rute dilayani oleh bus kota. Sebagian besar rute dalam kota dilayani oleh oplet yang menghubungkan beberapa terminal. Untuk keberangkatan jalan darat ke luar kota dilayani di Terminal Kupang.
Melalui jalan darat pula dilayani bus antar negara, yakni ke Dili, Timor Leste. Bus ini disediakan oleh berbagai penyedia layanan termasuk DAMRI. Layanan imigrasi Indonesia-Timor Leste dilaksanakan di Tasifeto Timur-Batugade.

Wisata Kuliner

Kota ini menyimpan banyak pesona, khususnya penggemar sea food. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini biasanya terkesan dengan ikan bakar yang ukurannya besar-besar dengan harga yang relatif murah. Dinikmati dengan sambal khas Kupang, tentu wisatawan akan langsung berjanji pada diri sendiri: "suatu saat nanti, beta akan kembali lagi". Juga cumi-cumi dan udang segar yang mengeluarkan aroma manis ketika dibakar sangat mengundang selera. Disamping itu wisatawan juga akan disuguhkan salah satu makanan khas kota Kupang, yaitu "jagung bose". Makanan ini dibuat dari campuran jagung dan sayuran serta biji-bijian (biasanya kacang hijau dan kacang tanah). Ada juga "daging se'i", yaitu daging sapi atau daging babi yang diasap dan dicampur susu, garam dan rempah-rempah sehingga rasanya ada yang manis dan juga asin. Kota ini juga memiliki pesona wisata karena memiliki pantai pasir putih yang indah dan laut biru yang cantik. Sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi langganan persinggahan peserta lomba perahu layar internasional.
Satu lagi yang unik adalah penjual jagung bakar yang terbentang sepanjang trotoar di jalan El Tari (di depan Kantor Gubernur) menjadi tempat favorit kawula muda Kota Kupang.

Keunikan Kota Kupang

Salah satu keunikan Kota Kupang yang hampir tidak ditemukan di setiap Kota di Indonesia yaitu angkutan kotanya yang sering disebut "bemo" oleh penduduk Kota Kupang atau lebih tepatnya yang biasa dikenal sebagai mikrolet. Keunikan angkot di Kota Kupang ini karena tampilan angkotnya yang penuh dengan asesoris, dekorasi dan musik yang menggelegar. Bagi para penikmat musik-musik keras bisa mencoba "Diskotek Berjalan" ala Kota Kupang. Dari semua keunikan yang sangat menonjol adalah batu karang. Ciri ini sangat khas di Kota Kupang sehingga daerah ini disebut "Kota Karang". Kita juga dapat melihat pohon lontar (pohon tuak) pada beberapa titik sabana di Kupang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar